Jumat, 11 Desember 2015

LAPORAN RANGKAIAN DOL DUA ARAH PUTAR


LAPORAN RANGKAIAN DOL DUA ARAH PUTAR
A)    TUJUAN
Setelah praktik siswa dapat:
1)    Menggambar rangkaian kontrol dan daya dua arah putar
2)    Merangkai rangkaian control dan daya dua arah putar
3)    Mengoprasikan motor yang bekerja berdasarkan dua arah putar
4)    Menjelaskan cara kerja motor yang berdasakan dua arah putar

B)    DASAR TEORI
Rangkaian ini biasanya  digunakan untuk gerbang yang cukup besar yang tidak bias ditutup maupun dibuka dengan manual atau tenaga manusia sehingga mengunakan alat yang berupa motor dan menggunakan rangkaian dua arah arah putar jika motor berputar ke kanan maka gerbang akan membuka jika motor berputar ke kiri maka gerbang akan menutup.

C)    Alat dan bahan
1)    Mcb 3 fasa
2)    Mcb 1 fasa
3)    OL
4)    NC
5)    2 buah NO
6)    2 buah kontaktor
7)    3 buah lampu indicator
8)    1 buah motor
9)    Kabel penghubung secukupnya

D)     TIMMING DIAGRAM
Mcb 3 fasa








Mcb 1 fasa








OL








NO1






NO2






NC







K1







K2








L.H







L.K








L.M




























E)      Text Box: L.MText Box: L.KText Box: L.HText Box: NText Box: FText Box: K2Text Box: K1Text Box: K2Text Box: K1Text Box: K2Text Box: K2Text Box: K1Text Box: K1Text Box: NO2Text Box: NO1Text Box: OLText Box: NCText Box: OL Text Box: Mcb 1 fRANGKAIN KONTROL






















F)      RANGKAIAN DAYA



















G)   KESELAMATAN KERJA
1)    Memakai alat dan bahan sesuai fungsi
2)    Memakai pakaian praktik lengkap
3)    Membaca prosedur pemakaian alat dan bahan

H)   RANGKAIAN KERJA
1)    Siapkan alat dan bahan
2)    Pasang alat praktik sesuai keinginan atau gambar
3)    Lalu rangkai menggunakan kabel penghubung sesuai gambar
4)    Lalu coba apakah sudah sesuai apa yang kita inginkan atau belum

I)       CARA KERJA RANGKAIAN
1)    Jika mcb di ON kan maka tidak akan terjadi reaksi apa-apa
2)    Jika NO1 di tekan maka K1 akan bekerja dan lampu indikator hijau menyala dan motor akan berputar ke arah kanan. Jika NO1 di lepas maka rangkaian tetap akan bekerja karena NO1 di kunci oleh kotak bantu NO dari K1 dan Jika NO2 di tekan maka tidak akan terjadi reaksi apa-apa karna sebelum arus masuk ke K2 akan terlebih dahulu melewati kotak bantu NC K1 yang semula terhubng dan k1 sedang bekerja maka kotak bantu NC K1 akan terputus sehingga arus tudak bias mengalir menuju K2 . sehingga K2 tidak akan bekerja.
3)    Jika kita ingin balikkan arah putaran motor, maka kita haru menghentikanya. Yaitu dengan cara menekan tombol NC.
4)    Jika NO2 di tekan maka K2 akan bekerja dan lampu indikator kuning akan menyala dan motor akan berputar ke arah kiri. Jika NO2 di lepas maka rangkaian tetap akan bekerja karena NO2 di kunci oleh kotak bantu NO dari K2 dan Jika NO1 di tekan maka tidak akan terjadi reaksi apa-apa karna sebelum arus masuk ke K1 akan terlebih dahulu melewati kotak bantu NC K2 yang semula terhubng dan k2 sedang bekerja maka kotak bantu NC K2 akan terputus sehingga arus tudak bias mengalir menuju K1 . sehingga K1 tidak akan bekerja.
5)    Jika tejadi trip atau kelebihan arus maka OL akan bekerja atau mengalami over load. Sehingga kotak bantu OL nomor 95-96 yang semula menutup akan menjadi terputus sehingga semua rangkaian akan mati, kecuali lampu indikator merah yang semula mati akan menjadi menyala. Karena kotak bantu 97-98 yang semula membuka akan menjadi menutup. Sehingga lampu indicator merah akan menyala.

J)      KESIMPULAN
Jika kita menekan tombol NO1 maka motor akan berputar ke kanan jika kita ingin membalikan arah putaran. Kita harus menghentikan nya terlebih dahulu yaitu dengan cara menekan tonbol NC setelah motor berhenti kita bias membalikan arah putaran kekiri yaitu dengan cara menekan tombol NO2 .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar